Rencana Pengembangan Diri untuk Guru KKA

Infografik: Rencana Pengembangan Diri Guru Koding & KA

Rencana Pengembangan Diri

Guru Koding & Kecerdasan Artifisial (KKA) Jenjang SMP

Tujuan Utama Pengembangan Diri

Meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi KKA secara komprehensif, serta mampu mengimplementasikan pembelajaran yang efektif dan inovatif di kelas SMP, sejalan dengan Capaian Pembelajaran.

Perjalanan Pengembangan Diri Selama 12 Minggu

A

Konsep Dasar

(Minggu 1-4)

B

Keterampilan Praktis

(Minggu 5-8)

C

Implementasi Pedagogis

(Minggu 9-12+)

Pilar A: Penguatan Konsep Dasar

Membangun fondasi yang kokoh dengan mendalami konsep inti Berpikir Komputasional, Literasi Digital, dan dasar-dasar Kecerdasan Artifisial.

Detail Pilar A:

  • **Pendalaman Berpikir Komputasional (BK):** Mengkaji ulang setiap pilar BK (dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, algoritma) melalui berbagai sumber. Praktikkan aktivitas _unplugged_ BK dan adaptasi untuk berbagai mata pelajaran.
  • **Mengkaji Ulang Literasi Digital dan Etika:** Reviu materi produksi dan diseminasi konten digital, perdalam pemahaman kualitas data dan informasi digital, fokus pada Etika Digital (termasuk Hak Cipta) dan Keamanan Digital.
  • **Memahami Dasar-dasar Kecerdasan Artifisial (KA):** Pelajari cara kerja KA dalam mengenali pola citra dan suara. Pahami konsep dasar _Machine Learning_ dan klasifikasi menggunakan _tools_ edukasi (misalnya Teachable Machine).

Pilar B: Keterampilan Praktis

Mengasah kemampuan teknis melalui penguasaan *tools* koding, pemanfaatan KA generatif, dan analisis data sederhana.

Detail Pilar B:

  • **Penguasaan _Tools_ Koding untuk SMP:** Eksplorasi dan praktik intensif dengan _tools_ pemrograman visual (contoh: Scratch, PictoBlox). Belajar dasar-dasar bahasa pemrograman teks (contoh: Python) tingkat pemula.
  • **Praktik Pemanfaatan _Tools_ KA dalam Komunikasi:** Latihan intensif menggunakan _tools_ KA generatif (misalnya _chatbot_ edukasi, _AI writers_) untuk komunikasi dan pembuatan konten. Asah kemampuan _prompt engineering_.
  • **Praktik Analisis Data Sederhana:** Pelajari konsep dasar basis data dan lakukan praktik pengolahan data sederhana menggunakan _spreadsheet_. Eksplorasi visualisasi data dasar.

Pilar C: Pengayaan Pedagogis

Mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan ke dalam praktik mengajar yang inovatif, kolaboratif, dan berkelanjutan.

Detail Pilar C:

  • **Desain Pembelajaran Inovatif:** Kembangkan RPP/Modul Ajar KKA dengan mengintegrasikan HOTS, TPACK, dan Pembelajaran Mendalam. Rancang aktivitas yang memadukan _unplugged_ dan _plugged_ _coding_.
  • **Integrasi Lintas Mata Pelajaran:** Berkolaborasi dengan guru mata pelajaran lain untuk mencari peluang integrasi KKA (contoh: visualisasi data IPA/IPS, _chatbot_ Bahasa).
  • **Asesmen dan Evaluasi:** Kembangkan rubrik penilaian autentik untuk proyek Koding dan KA. Lakukan refleksi rutin setelah setiap sesi pembelajaran KKA.
  • **Berbagi Praktik Baik dan Belajar Berkelanjutan:** Bergabung dalam komunitas belajar guru (KKG/MGMP) Informatika atau kelompok studi KKA. Ikuti _webinar_ atau _workshop_ lanjutan.

Komitmen & Langkah Selanjutnya

🤝 Komitmen Pribadi

  • Menyisihkan waktu khusus 2-3 jam per minggu.
  • Terbuka terhadap tantangan dan pembelajaran baru.
  • Menerapkan hasil belajar secara bertahap di kelas.
  • Mencatat setiap pembelajaran dan *insight* yang didapat.

🚀 Langkah Selanjutnya

  • Membuat jadwal mingguan yang detail.
  • Mencari *partner* belajar atau mentor untuk diskusi.
  • Mendokumentasikan proses sebagai portofolio.
  • Mengidentifikasi kebutuhan spesifik siswa dan sekolah.

© 2025 Rencana Pengembangan Diri Guru KKA. Dibuat untuk mendukung inovasi pendidikan.

0 Komentar